Download RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi untuk SMA kelas X LENGKAP dengan materinya. Hal tersebut ditujukan agar mempermudah di dalam mempraktikkan Rencana Program Pembelajaran tersebut.
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Unit 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Unit 2
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Unit 3
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Unit 4
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Unit 5
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Unit 6
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Unit 7
- RPP Bahasa Indonesia BerkarakterUnit 8
Berikut saya sertakan CONTOH salah satu bentuk RPP Berkarakter tersebut.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
- IDENTITAS
1. Satuan Pendidikan : SMA Negeri 3 Surakarta
2. Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
3. Kelas/Semester : X/1
4. Tahun Ajaran : 2011/2012
5. Kompetensi : Mendengarkan
6. Waktu : 4 x 45 Menit (2 Pertemuan)
- STANDAR K0MPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
1.1 Menanggapi siaran/informasi dari media elektronik (berita/non berita)
1.2 Mengindentifikasi unsur-unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara
langsung/melalui rekaman
- INDIKATOR
- Mampu mencatat pokok-pokok masalah atau isi berita yang telah didengar atau disimak.
- Mampu memberikan tanggapan terhadap isi berita di dalam siaran berita radio atau televisi.
- Mampu menuliskan isi berita/siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami dan menyampaikan kembali secara lisan
- Mampu mengidentifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman.
- Mampu menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf.
- Memberikan tanggapan tentang unsur instrinsik dan ekstrinsik.
- TUJUAN PEMBELAJARANSetelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat:
- Mampu mencatat pokok-pokok masalah atau isi berita yang telah didengar atau disimak.
- Mampu memberikan tanggapan terhadap isi berita di dalam siaran berita radio atau televisi.
- Mampu menuliskan isi berita/siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami dan menyampaikan kembali secara lisan
- Mampu mengidentifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman.
- Mampu menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf.
- Memberikan tanggapan tentang unsur instrinsik dan ekstrinsik.Karakter yang diharapkan: kritis, kreatif, tekun, tanggung jawab, dapat dipercaya
- MATERI PEMBELAJARAN
- Definisi dan Jenis Tanggapan
- Teknik Menyampaikan Tanggapan
- Menemukan Unsur-Unsur Suatu Cerita
- METODE PEMBELAJARAN
- Permodelan
- Diskusi
- Inkuiri
- SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Engkos Kosasih. 2008. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Euis Sulastri, dkk. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Kemdiknas.
- Tampilan materi ‘Menyampaikan Tanggapan’
- Video pendukung materi
- STRATEGI PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KESATU (2 x 45 MENIT)
KEGIATAN PEMBELAJARAN | WAKTU |
| 10’ |
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
| 70’ |
| 10’ |
PERTEMUAN KEDUA (2 x 45 MENIT)
KEGIATAN PEMBELAJARAN | WAKTU |
| 10’ |
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
| 70’ |
| 10’ |
- PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
PERTEMUAN I
Indikator pencapaian | Penilaian | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Soal/Instrumen | |
1. Mampu mencatat pokok-pokok masalah atau isi berita yang telah didengar atau disimak 2. Mampu menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami 3. Menyampaikan kembali secara lisan | Tes tulis | Uraian | 1. Catatlah pokok-pokok isi berita yang diputar! 2. Tulislah dalam bentuk kerangka yang urut! 3. Buatlah sebuah paragraf yang utuh dari kerangka tersebut! 4. Sampaikan secara lisan hasil tulisanmu kepada teman yang lain! |
PERTEMUAN II
Indikator pencapaian | Penilaian | ||
Teknik penilaian | Bentuk Instrumen | Soal/Instrumen | |
1. Mampu mengidentifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman 2. Mampu menuliskan secara ringkas isi suatu cerita dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf | Tes tulis | Uraian | 1. Identifikasi struktur instrinsik dan struktur ekstrinsik cerita yang diputarkan! 2. Tuliskan secara ringkas isi cerita tersebut dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf! |
§ Afektif
SK | |||||||
KD | |||||||
NAMA SISWA | KARAKTER YANG DIHARAPKAN | Jumlah | |||||
(1) | (2) | (4) | (5) | (6) | |||
Kriteria penilaian
Butir Soal | Kriteria | Skor Maks |
|
| 100 100 100 100 100 |
JUMLAH | 500 |
Nilai akhir = (1)+(2)+(3)+(4)+(5)/5
Mengetahui, Surakarta, Januari 2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
--------------------------------- -----------------------------------
NIP. NIP.
LAMPIRAN MATERI
Cara Menyampaikan Tanggapan dan Pertanyaan
Diskusi merupakan suatu bentuk bertukarpikiran yang teratur dan terarah baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar. Beberapa pendapat akan muncul dalam diskusi. Pendapat merupakan gagasan, pikiran, atau ide tentang suatu hal (orang atau peristiwa).
Jika Anda mengajukan pendapat dalam diskusi, Anda harus menyertakan argumentasi. Argumentasi adalah pemberian alasan, contoh, dan bukti sehingga peserta diskusi membenarkan pendapat, gagasan, dan sikap. Anda dapat mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap pendapat orang lain. Akan tetapi, persetujuan dan penolakan tersebut harus bersifat objektif dan disertai alasan yang logis.
Contoh kalimat persetujuan pendapat:
Saya sependapat dengan pendapat Saudara bahwa motivasi itu berasal dari diri sendiri dan didukung oleh dorongan orang-orang sekitar. Hal terpenting untuk memotivasi diri adalah tetap teguh pendirian dan sabar.
Contoh kalimat penolakan pendapat:
Saya kurang sependapat dengan apa yang Anda sampaikan karena wirausaha memerlukan modal, bukan hanya kemauan. Kemauan tanpa ada kemampuan sama saja nol.
Agar Anda mampu mengemukakan pendapat dengan alasan yang logis, lakukan langkah-langkah berikut.
1. Berpikir kritis dan logis.
2. Menjauhkan emosi dan subjektivitas.
3. Mampu memilih fakta yang sesuai dengan tujuan sehingga dapat ditarik kesimpulan yang sulit dibantah.
Selain tanggapan, dalam diskusi juga ada berbagai pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan tersebut harus sesuai dengan materi yang dibahas. Pertanyaan tidak boleh memojokkan orang lain.
Contoh:
Kita mengetahui bangsa Indonesia memiliki keragaman suku dan budaya. Bagaimana pemerintah memajukan Indonesia dengan beragam perbedaan kultur dan budaya tersebut?
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengemukakan tanggapan.
1. Cara mengemukakan pertanyaan dan tanggapan.
- Pertanyaan dan tanggapan yang dikemukakan berhubungan dengan masalah yang sedang dibicarakan.
- Pertanyaan dan tanggapan dapat mempercepat pemahaman masalah, penemuan sebab, dan pemecahan masalah.
- Pertanyaan dan tanggapan tidak mengulangi pendapat yang pernah disampaikan peserta lain.
- Pertanyaan dan tanggapan disampaikan dengan kata dan kalimat yang tepat.
- Pertanyaan dan tanggapan disampaikan dengan sikap terbuka dan sopan.
- Pertanyaan dan tanggapan dapat didukung atau diperjelas dengan gerak, mimik, nada suara, tekanan, dan intonasi.
2. Menolak atau menyanggah pendapat orang lain harus mengingat hal berikut.
- Emosi marah dan prasangka negatif harus dihindari.
- Sanggahan harus objektif, logis, dan jujur.
- Menunjukkan data, fakta, ilustrasi, contoh, atau perbandingan yang dapat meyakinkan peserta lain.
- Sanggahan atau penolakan disampaikan secara urut, terperinci, teliti, dan tidak berbelit belit. Dengan demikian, sanggahan mudah dimengerti.
- Jangan menjelekkan orang lain
No comments:
Post a Comment
Tolong tinggalkanlah komentar walaupun hanya sepatah kata. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan artikel yang dibahas.