Select Menu

Tutorial

Bahasa

Sastra

Makalah

Tutorial Blog

Tutorial SEO

-

-

Premium Template

-

» » Contoh Latar Belakang Masalah


Auriga Maulana Khasan Friday, November 15, 2013 7

Latar Belakang Masalah
Contoh Latar Belakang Masalah - Latar belakang masalah adalah salah satu bagian terpenting dalam suatu makalah penelitian. Bahkan dalam sistem penilaian hasil karya ilmiah, bagian tersebut memperoleh porsi 30% dari keseluruhan makalah.

Masalahnya, kerap kali dijumpai penulisan latar belakang masalah yang tidak sistematis dan tidak lengkap. Di dalam latar belakang masalah, dituangkan Urgensi atau pentingnya masalah diteliti, Problem atau permasalahan yang terjadi. Dalam format penyusunannya, diawali suatu pembicaraan yang berfungsi untuk menggiring pembicaraan menuju materi yang akan diteliti, diteruskan uraian singkat materi secara umum, dilanjutkan pengungkapan masalah yang terjadi disertai bukti atau data-data serta fakta pendukung. Akhir paragraf merupakan bagian alasan pentingnya kita meneliti materi tersebut.

Contoh Latar Belakang Masalah:

Bahasa memiliki peranan penting dalam kehidupan, yakni sebagai alat komunikasi. Berbicara mengenai bahasa, terdapat empat keterampilan dalam berbahasa, antara lain keterampilan mendengarkan atau menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan terakhir adalah keterampilan menulis. Di antara keempat keterampilan tersebut, keterampilan menulis merupakan keterampilan tersulit jika dibandingkan dengan jenis keterampilan lainnya. Hal tersebut disebabkan tingkat kemahiran menulis di dalamnya menuntut kemahiran keterampilan yang lain.

Salah satu jenis keterampilan menulis adalah kemampuan menulis teks laporan observasi. Teks laporan observasi adalah jenis teks yang dihasilkan dari kegiatan pengamatan terhadap sesuatu hal yang menjadi objek observasi yang dirancang dalam bentuk laporan. Teks laporan hasil observasi banyak digunakan dalam buku-buku teks, ensiklopedi, majalah sains, teks-teks sejarah, buku-buku bacaan mengenai fakta-fakta, buku-buku referensi atau sumber. 

Kemampuan tersebut sangat penting dikuasai khususnya bagi para peserta didik tingkat SMA. Selain menjadi bahasan materi yang diwajibkan dalam kurikulum, adanya pemahaman mengenai keterampilan menulis teks laporan observasi menjadikan siswa mampu mencermati dan mengobservasi hal-hal di sekeliling lingkungan sehingga menumbuhkan perasaan peka terhadap lingkungan alam. Selanjutnya, informasi atas hasil pengamatan dipublikasikan dalam bentuk laporan sehingga bermanfaat bagi masyarakat umum. 

Sayangnya, kemampuan menulis laporan observasi siswa SMA dirasa masih kurang bagus. Hal itu ditandai dengan banyaknya kebingungan mengenai bagaimana dan apa yang dilaporkan dalam kegiatan observasi, adanya pemahaman yang berbeda mengenai struktur dan kaidah laporan observasi, kurangnya kecakapan dalam mengabstraksi dan mengonversi teks laporan observasi. 

Berdasarkan uraian di atas, kiranya materi mengenai keterampilan menulis teks laporan observasi perlu untuk dikaji dan dibahas lebih lanjut. Dengan adanya pembahasan ini, diharapkan bermanfaat dan mampu memberikan pemahaman dan penjelasan kepada para siswa seputar teks laporan observasi. Oleh karena itu, penulis dalam makalah ini mengangkat judul Kajian Teks Laporan Observasi.


Demikianlah contoh latar belakang masalah. Walaupun singkat dan tidak terlalu menampilkan latar belakang yang lengkap, kami harap dapat memberikan inti pemahaman dalam membuat latar belakang masalah yang baik dan benar. Akses-Ilmu
 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

7 comments Contoh Latar Belakang Masalah

  1. peran camat dlm upaya mongkoordinasi ketenteraman dan ketertiban umum menurut pp no 19 thn 2008 .itu kira2 bagaimana ya latar belakang ny. teims

    ReplyDelete
  2. peran camat dlm upaya mongkoordinasi ketenteraman dan ketertiban umum menurut pp no 19 thn 2008 .itu kira2 bagaimana ya latar belakang ny. teims

    ReplyDelete

Tolong tinggalkanlah komentar walaupun hanya sepatah kata. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan artikel yang dibahas.