Select Menu

Tutorial

Bahasa

Sastra

Makalah

Tutorial Blog

Tutorial SEO

-

-

Premium Template

-

» » » Cara Mudah Membuat Email Gmail


Auriga Maulana Khasan Friday, January 02, 2015 0


Membuat email, membuat email Gmail
Cara Mudah Membuat Email Gmail - Email adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki. Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirimkan/menerima surat dan data yang bisa dilampirkan dalam surat tersebut. Banyak aktifitas online mengharuskan Anda untuk menggunakan email, contoh seperti daftar facebook, twitter, membuat blog, belanja online dan lain sebagainya. Email adalah kotak pos di dunia maya, ini adalah sarana untuk berkomunikasi menerima dan mengirim pesan. Situs-situs yang menyediakan email secara gratis antara lain Google, Yahoo, Plasa, Hotmail, Aim, dll. Akan tetapi, pada tutorial kali ini Akses-Ilmu akan membahas cara membuat email di Gmail. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Mudah Membuat Email Gmail:

  • Kunjungilah alamat Gmail. Klik  Gmail
  • Untuk lebih memudahkan, ubahlah bahasa ke dalam bahasa Indonesia dengan klik tombol drop down di sebelah kanan bawah.
  • Lihatlah di sebelah kanan atas, lalu klik tombol BUAT AKUN atau klik Create An Account.  Anda akan dibawa ke halaman pengisian formulir.
 Buat Email Gmail

atau 

Cara membuat email, langkah-lagkah membuat email 
  • Isilah formulir yang ada sesuai dengan data diri Anda.
Formulir Email
  1. Nama Depan: Isi dengan nama depan Anda, misal: Auriga. Jika nama Anda lebih dari dua kata, contoh: Auriga Maulana Khasan, isilah dengan nama Auriga Maulana.
  2. Nama Belakang: Isi dengan nama belakang Anda, misal: Khasan
  3. Pilih nama pengguna Anda: Pada kolom Nama Pengguna dengan tanda panah biru, nama yang Anda isikan nantinya akan menjadi nama email Anda. Oleh karena itu, isilah nama yang memang Anda inginkan untuk menjadi nama email Anda. Misal diisi Akses Ilmu, maka nama email Anda akan menjadi akses.ilmu@gmail.com. Nama akun Gmail tidak diperbolehkan menggunakan spasi. Pergunakan tanda titik (.) sebagai tanpa pemisah. Setelah kolom nama pengguna diisi, secara otomatis akan dicek ketersediaan nama. Jika nama Gmail yang Anda masukkan tidak tersedia, artinya nama tersebut sudah digunakan. Anda harus mengisi dengan nama yang lain. Anda juga bisa mencoba dengan menambah angka di belakang nama, misal akses-ilmu07.
  4. Buat sandi: Isikan sandi email Anda. Buatlah sandi yang kuat dengan kombinasi huruf, angka, dan karakter, misal: J4nu4r1-Go!. Fungsi kata sandi yang kuat agar tidak mudah di-scan oleh software robot jahat atau di-Hack.
  5. Konfirmasi sandi Anda: Isikan persis dengan kata sandi di atas
  6. Tanggal lahir: Isi dengan tanggal lahir Anda
  7. Gender: Pilih jenis kelamin Anda
  8. Ponsel: Isi dengan nomor ponsel / HP Anda.
  9. Alamat email Anda saat ini: Isilah dengan alamat email Anda yang lain. Jika belum punya email sama sekali, kosongi saja. Email ini digunakan sebagai email pemulihan. Jika Anda lupa dengan sandi yang digunakan, maka Anda bisa melakukan permintaan sandi melalui alamat email pemulihan ini.
  10. Buktikan bahwa Anda bukan robot: Lihat tulisan (captcha) yang muncul, kemudian tuliskan pada form dibawahnya.
  11. Lokasi: pilih sesuai dengan nama negara yang Anda tinggali, misal Indonesia.
  12. Centang kotak kecil di samping tulisan: Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google.
  • Klik tombol Langkah Berikutnya. Anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun. Pilih metode verifikasi melalui pesan teks, kemudian klik Lanjutkan.
Verifikasi Email
  • Selanjutnya Google secara akan mengirik kode verifikasi ke nomor telepon yang Anda isikan. Tuliskan kode verifikai tersebut di dalam kolom verifikasi.
Verifikasi Email
  • Selesai. 
Pada tahap ini, email Anda sudah jadi. Anda boleh melengkapi langkah selanjutnya dengan menambah foto profil dan melengkapi hal-hal lainnya dengan klik Create your profile.

Profile

  • Silakan buka email Anda di Gmail.  Anda akan mendapatkan email perdana dari Google.
Demikianlah tutorial mengenai cara membuat email di Gmail dengan mudah. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda. Akses-Ilmu

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Tolong tinggalkanlah komentar walaupun hanya sepatah kata. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan artikel yang dibahas.