Select Menu

Tutorial

Bahasa

Sastra

Makalah

Tutorial Blog

Tutorial SEO

-

-

Premium Template

-

» » Cara Menulis Artikel di Blog


Auriga Maulana Khasan Saturday, January 03, 2015 7

Cara Menulis Artikel di Blog
Cara Menulis Artikel di Blog
Cara Menulis Artikel di Blog - Cara membuat artikel di blogger sangatlah mudah. Sama halnya Anda mengetik di Ms Word. Walaupun begitu, bagi Anda yang belajar menulis artikel di blog, Anda perlu memahami fungsi editor atau fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Blogger untuk menulis artikel. Tujuan dari mengetahui teknik penulisan di blog kali ini adalah terkait dengan menata tampilan tulisan dengan mengetahui fungsi atau kegunaan masing masing fitur di editor blogspot.

Untuk memulai menulis artikel di blog, pertama-tama pada halaman administrator (Home), pilih "Tulis artikel baru". Halaman untuk posting baru akan terbuka.






Setelah halaman untuk menulis artikel terbuka, Anda bisa memulai untuk melakukan kegiatan menulis artikel. Akan tetapi, sebelum menulis artikel, simaklah fungsi-fungsi setiap editor yang disediakan Blogger berikut ini.

Mengenali Fungsi-fungsi Editor Artikel Blog

Mengenali Fungsi-fungsi Editor Artikel Blog
Klik untuk memperbesar gambar















  1. Undo untuk mengembalikan ke asal semula jika terjadi kesalahan dalam mengedit
  2. Redo untuk mengembalikan perubahan yang telah Anda undo
  3. Jenis huruf, adalah untuk mengubah jenis font atau huruf
  4. Ukuran Huruf, untuk mengubah ukuran huruf dalam tulisan artikel
  5. Heading, berfungsi untuk mengatur tingkat kepentingan
    • Heading (h2) yang biasanya digunakan pada judul artikel
    • Subheading (h3) digunakan pada sub judul
    • Minor Heading (h4) digunakan pada sub sub judul
    • Normal berarti tidak ada bagian yang lebih penting dari bagian yang lain
  6. Bold, untuk memberi cetak tebal. Gunakan hanya pada bagian yang mengandung kata kunci saja di dalam artikel
  7. Italic, untuk memberi efek cetak miring. Karena kekuatannya sama dengan Bold, maka penggunaannya juga sama dengan Bold
  8. Underline, untuk memberi garis bawah
  9. Warna huruf, untuk mengubah warna huruf
  10. Warna latar huruf, untuk memberi warna pada latar huruf
  11. Link, berfungsi untuk memasang tautan. Fitur inil berfungsi untuk memasang link. Ketika Anda klik tombol tersebut, Anda akan diminta memasukkan Url yang Anda tautkan.
  12. Gambar, berfungsi untuk memasukkan gambar di dalam artikel blog. Ketika Anda klik tombol tersebut, Anda akan diminta mengunggah gambar yang Anda pilih. Gambar bisa bersumber dari komputer, Handphone, maupun berbentuk Url.
  13. Video, berfungsi untuk memasukkan video di dalam artikel
  14. Potong Artikel atau jump break berfungsi untuk menentukan batas artikel (memotong artikel) yang akan ditampilkan di beranda blog Anda yang kemudian akan muncul read more. Fitur ini berfungsi agar artikel yang tampil ditampilkan di homepage (beranda/halaman depan) tidak terlalu panjang. Tapi
    jarang blogger yang menggunakan tools ini. Kebanyakan menggunakan "Read More" otomatis agar tampilan blog lebih rapih dan lebih menarik.
  15. Rata artikel untuk menentukan tulisan rata kiri, kanan, tengah, atau justify.
  16. Number untuk menampilkan poin-poin anda dalam urutan angka
  17. Bullet untuk menampilkan poin-poin anda tidak dalam urutan angka
  18. Kutipan, saat anda menandai suatu bagian sebagai kutipan, maka bagian itu biasanya akan dibuat agak masuk ke dalam artikel, sehingga terlihat mencolok, Beberapa template mempunyai pengaturan khusus untuk text yang ditandai sebagai kutipan.
  19. Hapus Format, Jika anda menyorot suatu bagian atau keseluruhan artikel dan mengklik Hapus Format, maka semua format HTML yang melekat pada bagian tersorot akan dihilangkan.
  • Kotak Merah, adalah tombol cek ejaan (hanya untuk bahasa Inggris saja)
  • Kotak Biru adalah tempat memasukkan Judul Artikel
  • Kotak Hijau adalah tombol untuk menerbitkan artikel
  • Kotak Biru Tua untuk menyimpan artikel yang belum ingin diterbitkan dalam bentuk draft
  • Kotak Ungu adalah tombol "Pratinjau" untuk melihat bentuk artikel sebelum diterbitkan.
  • Kotak kuning adalah tombol untuk memberi label pada artikel. Ketikkan label yang Anda inginkan. Menu ini berfungsi melabeli artikel yang Anda tulis.
  • Kotak Orange adalah Tautan Permanen yang akan menjadi Url artikel yang Anda tulis. Anda bisa mengedit Url dengan menu "Tautan permanen Khusus" atau Custom Permalink. Pilih alamat Url dengan menggunakan tanda hubung (-), misal: cara-membuat-artikel-blog.
  • Kotak Coklat adalah deskripsi penelusuran. Deskripsi penelusuran ini sangat penting karena deskripsi inilah yang nantinya akan ditampilkan pada hasil pencarian oleh mesin pencari seperti Google.
Jika Anda sudah memahami setiap fungsi-fungsi edit di atas, langkah selanjutnya adalah memulai menulis artikel.
  1. Klik tombol "Compose", ketik artikel yang ingin Anda buat. Klik tombol "HTML" apabila Anda ingin menulis artikel dalam format HTML. Jika sebelumnya Anda sudah menyiapkan artikel dalam Ms Word, sebaiknya klik terlebih dahulu “HTML”. Jika langsung di mode “Compose”, sering terjadi kegagalan atau Dismiss (pengalaman pribadi). Copy artikel yang telah Anda siapkan, kemudian paste di area posting.
  2. Klik tombol “Compose“ untuk melakukan editing (jika Anda masih bingung dengan kode HTML).
  3. Jika proses editing sudah selesai, klik tombol “Preview“ untuk melihat hasil postingan Anda yang nantinya akan tampil di dalam blog.
  4. Klik tombol “Publish“. Selesai.
Demikianlah artikel mengenai cara menulis artikel di blog. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan memudahkan Anda dalam menulis. Akses-Ilmu

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

7 comments Cara Menulis Artikel di Blog

  1. salam berbagi informasi, dan salam hangat dari mykaylila.com dan penjelasannya sudah detail terima kasih atas ilmu yang sobat postingkan semoga bermanfaat buat kalayak umum.

    ReplyDelete
  2. Lengkap sekali tutorialnya. Mesti kelihatan mudah tapi kalau yang masih awam pastinya bakalan kesulitan gimana cara bikin artikel di blog.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini

    ReplyDelete
  4. kalau membaca seperti mudah mas,,tapi sulit sekali aq lakukan

    ReplyDelete
  5. Ada yang bisa saya bantu mas? Anda merasa kesulitan pada bagian yang mana?

    ReplyDelete
  6. Mas saya adalah salah seorang pembina salah satu cabang olah raga tradisional dan pebisnis saya ingin sekali membuat blog untuk mempromosikan keduanya agar dapat di lihat oleh pengguna internet di searching internet, mohon bantuannya cara membuat blog yang praktis. thanks ya mas sblm nya

    ReplyDelete

Tolong tinggalkanlah komentar walaupun hanya sepatah kata. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan artikel yang dibahas.